AI di Kehidupan Sehari-hari

Bulan September lalu, saya membeli Google Assistant untuk menggantikan speaker bluetooth Mifa yang speakernya sudah pecah di bagian membran. Keduanya sama-sama speaker bluetooth, yang istimewa si Google Assistant ini dilengkapi dengan WiFi dan tentu saja, Asisten Google yang sudah tertanam.


Karena memang tujuannya hanya untuk menggantikan speaker, jadi ya hanya saya gunakan untuk memutar musik, kadang mengatur alarm, atau menanyakan waktu.

Oh iya, ada istimewanya speaker ini, selain bisa digunakan untuk speaker bluetooth, dia juga bisa memutar musik langsung dari Joox, Spotify, dan YouTube Music, tanpa harus dari ponsel, pun jika diputar melalui ponsel, sistem audio-nya tidak tercampur dengan sistem di ponsel. Misal Notifikasi, nada dering, bahkan memutar video YouTube tetap bersuara di speaker ponsel. Kelebihannya lagi, dia bisa disambungkan ke bluetooth speaker(berperan sebagai bluetooth transmitter). Sayangnya jika dibandingkan dengan speaker bluetooth biasa, dia tidak memiliki slot Micro SD.

Untuk sumber daya, dia harus selalu terhubung ke listrik, belakangan saya ketahui perangkat ini kan termasuk home assistant, dibuat untuk diletakkan lalu diajak bicara/disuruh-suruh. Bukan untuk tujuan portable.


Mengenai AI, ini adalah kelebihannya. Speaker bisa diajak bicara saja sudah hebat, tentu saja butuh faktor pendukung: internet. Tanpanya hanya speaker bluetooth biasa.


Dukungan Spotify dan YouTube music saya rasa juga bagus(saya tidak menyebut Joox karena belum pernah mencobanya di speaker ini). Keduanya bisa menentukan playlist yang kita inginkan, misal kita memutar lagu dengan genre yang slow, maka seterusnya ia akan memutar lagu slow, dan selalu pas saja. Rekomendasi musik seperti ini awalnya saya temukan di spotify, belakangan YT Music ikut-ikutan.

Ini sepertinya juga bentuk kecerdasan buatan yang diterapkan ke dalam aplikasi musik, memprediksi apa yang ingin didengar dari lagu yang disukai dan yang kerap diputar. Sama seperti saat kita membuka aplikasi marketplace, saran pencarian sudah dibuat untuk mempelajari apa yang ingin kita beli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *